Mengenal Khasiatnya Buah Naga

Mengenal Khasiatnya Buah Naga

Sejak diperkenalkan sebagai buah yang enak dan memiliki banyak khasiat, dalam ekspo “Agritec” di Tokyo tahun 1999, buah naga kian populer dan banyakdiburu orang. Buah naga memang belum banyak dikenal di Indonesia. Buah inisulit diperoleh di pasar-pasar tradisional dan hanya dapat dijumpai di pasar swalayan tertentu saja. Selain karena masih sedikit yang menanamnya, juga disebabkan tanaman ini masih tergolong jenis tanaman budidaya baru.

Buah tergolong produk holtikultura yang unik karena bentuk dan warnanya yang atraktif. Orang Cina kuno(Tionghoa) menganggap buah ini membawa berkah. Oleh karena itu, mereka memanfaatkan buah ini sebagai buah persembahan (sesaji) pada upacara-upacara keagamaan. Buah ini seringkali diletakkan di atas meja altar.

Dari kebiasaan tersebut, di kalangan orang Vietnam yang menganut budaya Cina, buah ini lalu dikenal sebagai thang on (buah naga). Di Eropa dan negara-negara yang berbahasa Inggris, thang loy disebut dengan dragonfruit.

A. Khasiat Buah Naga

Pada umumnya, buah naga dikonsumsi dalam bentuk buah segar. Oleh karena kandungan air buah ini sangat tinggi serta rasanya cukup manis, buah ini dapat menghilangkan dahaga.

Di balik kesegaran dan kenikmatannya, buah naga ternyata juga memiliki banyak khasiat. Sebuah sumber badan Litbang pertanian meny’ebutkan, buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, mencegah kanker usus, menguatkan daya kerja otot, meningkatkan ketaj aman mata, dan menghaluskan kulit.

Banyak pakar sependapat Zat-zait di atas mempunyai-fungsi antara lain sebagai berikut :

1. Protein dari buah naga merah mampu melancarkan metabolisme tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

2. Serat berfungsi mencegah kanker usus, penyakit kencing manis, dan baik untuk diet.

3. Karoten berfungsi menjaga kesehatan mata menguatkan otak, dan mencegah penyakit.

Kalsium untuk menguatkan tulang.

Fosfor untuk pertumbuhan jaringan tubuh

Zat besi untuk menambah darah.

Vitamin Bl untuk kestabilan suhu tubuh.

Vitamin B2 untuk meningkatkan nafsu makan. Vitamin B3 untuk menurunkan kadar kolesterol. Vitamin C untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. Satu lagi fakta menakjubkan ialah berdasarkan kajian terkini, buah naga tidak hanya dapat dimanfaatkan buahnya. Bagian-bagian lain dari tanaman buah naga juga dapat dimanfaatkan. Buah naga yang masak memeing langsung dapat dikonsumsi. Sedangkan buah yang belum masak dapat dibuat sup. Bunga buah naga dapat juga dikonsumsi yaitu dengan menjadikannya sebagai sayur urap, digoreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *