Macam Jenis Selada

Macam Jenis Selada

Seperti halnya sayuran daun lainnya, selada sudah umum dimakan mentah sebagai lalab dan dibuat salad atau disajikan dalam berbagai bentuk masakan Eropa maupun Cina.

Jarang sekali selada disayur masak karena rasanya menjadi kurang enak dan sulit dicernakan.

Selain sebagai bahan sayuran yang memiliki cita rasa yang khas, selada juga mengandung gizi cukup tinggi, terutama sumber mineral. Kandungan dan komposisi gizi dalam sayuran selada disajikan pada tabel berikut ini.

Mengonsumsi selada berfungsi ganda, yakni sebagai bahan pangan bergizi dan berguna untuk mendinginkan perut. Hippocrates termasuk salah seorang yang menganjurkan selada sebagai makanan pemelihara kesehatan tubuh manusia.

A. Varietas Selada

Tanaman selada (Lactuca sativa) dalam klasifnkasi tumbuhan tergolong famili Compositae (Asteraceae). Salada mempunyai empat varietas, antara lain sebagai berikut:

1. Selada kepala (Lactuca sativa var. capitata L.)

Selada kepala sering disebut selada kol. Varietas selada ini memiliki daun yang kompak seperti kepala atau kol, hanya Iebih kecil, dan kurang keras. Daunnya lebar, hampir bulat, halus, dan lembut.

Umumnya, selada ini hanya membentuk kepala jika ditanam di dataran tinggi. Ada satu varietas yang bisa membentuk kepala di dataran rendah, yaitu Great Lakes. Selada kepala ini ada 2 macam yaitu:

a. crisphead, berdaun keriting, misalnya Great Lakes, Pennlake, New York, Imperial;

b. butterhead, daunnya tidak keriting, misalnya Sa\amander, Big Boston, White Boston.

2. Selada daun atau selada kriting (Lactufa sativa var. crispa L.)

Tanaman ini membentuk roset yang longgar tldak membentuk krop, daunnya menyerupai tekstur selada kepala dengan tepi berumbia. Umumnya, cara panen dengan memetik daun satu per satu. Contohnya Black Seeded Simpson, Early Curled Simpson, dan Grand Rapids.

3. Selada Batang (Lactuta sativa var. asparagina Bailey, sin L. sativa var. angustana Irish)

Selada ini mempunyai batang yang berdaging tebal sehingga dapat dikonsumsi. Adapun daunnya tidak dikonsumsi karena kasar dan tidak enak. Selada ini tidak membentuk krop, contohnya varietas Celtuse.

4. Selada silindris (Lactuca sativa var. longifona Lam.)

Selada ini disebut juga selada kerucut, selada romain, dan selada cos. Selada ini membentuk krop yang bentuknya silinder atau kerucut. Daunnya memanjang, ujungnya lengkung, tekstur keras, kaku, dan agak kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *